Wednesday, November 14, 2012

Stick Drum

Hello semuanya!!!
Oke kali ini gue akan bahas mengenai Stick Drum...
Nah, sapa sih yang gak ngerti atau tau tentang stick drum, taunya paling stik PS..(hahaha)
Bagi para drummers (termasuk gue) pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya stick drum. Setiap kali bermain drum membutuhkan yang namanya stick drum (yayalah~). Stick drum pun terdiri dari beberapa jenis, tergantung pada ukuran,merek,maupun bahannya.


1. Berdasarkan Ukuran

Ada 3 ukuran yang di pergunakan di stik drum, yaitu 2, 5, dan 7. Ukuran 2 itu ukuran yang paling gede bro, and ukuran 7 itu yang paling kecil. Nah, timbul pertanyaan, kok angka 2 tu yang paling gede sedangkan angka 7 tuh yang paling kecil. Iya, bro, di dalam filosofi drum (cih, sok banget wkwkk), yang terjadi adalah semakin kecil angka maka semakin g=besar stiknya (nah aneh to). Biasanya ada tambahan di belakangnya, misal :2A, 2B, 5A, 5B, 7A, 7B. A dan B itu diameternya, A lebih kecil dari B.
Macam-macam stick drum

















2. Berdasarkan Merek

  • Zildjian: Stick Zidjian memang terkenal sangat kuat. Tapi ukuran dari stick Zildjian tuh bro yang bikin gak enaknya itu...kebanyakan gede stik.nya..brasa kuraang nyaman gitu lho menurut gue. 
  • Vic Firth: Semua sticknya bener2 seimbang dan mempunyai pitch yang sama. Dan yang pasti lurus semua. Tapi jika anda kurang beruntung anda akan mengalami 'pematahan dini' .
  • Pro Mark: Stik ini sangat kuat bro tapi balancenya cukup aneh karena stick ini berat didepan. Kalo gue pake pro mark ini cuma di tangan kiri doang, yang kanan pake Earthtone.
  • Earthtone: Stik ini menurut gue paling balance, gak terlalu ringan dan gak terlalu berat. Enak banget buat triplet.
  • Vater: Banyak sekali pilihannya, tetapi keseimbangannya gak tentu, setiap stick gak mempunyai karakter yang sama walaupun bentuknya sama.

3. Berdasarkan Bahan


  • Hickory : Ringan, kokoh, pantulannya cepet, nggak mendem (bright), karakter kayunya mantap.  

  •  Honje : Kayu ringan dengan tekstur agak kasar,cenderung berwarna cerah kekuningan. Cocok untuk stick diameter besar tanpa berat  
  •  Oak : Kayu yang memiliki warna yang agak kemerahan. Kayunya keras, Padat dan berat, sangat tahan lama dan biasanya berlangsung lebih lama dari jenis kayu lain. Ketahanan terhadap kemungkinan pecahan cukup tinggi. Memiliki keunggulan pelengkungan dengan uap. Kayunya cenderung lebih berat.


Macam-macam ujung stick drum
Oke Guys..uda pada paham semua kan...ternyata banyak jenis dari stick drum..
Nah sekarang gue mau nunjukin video sticking drum technique..cekidot!

Yang terakhir ini favorit gue, Ecah Soemantri..Mantap..umur masih muda tapi skill uda dewa..

Oke guys, uda dulu bincang2 kita...moga bermanfaat...
See you..Thanks :D

Post a Comment

3 comments:

  1. Apakah jenis Stick mempengaruhi bunyi Drum?

    ReplyDelete
  2. Apakah jenis Stick mempengaruhi bunyi Drum?

    ReplyDelete
  3. setahu saya stik drum tidak mempengaruhi bunyi drumnya akan tetapi lebih ke kenyamanan pemakai dan standart skillnya

    ReplyDelete