Wednesday, November 14, 2012

All About Drum

Oke, sekarang kita bahas yang namanya..DRUM..

Sapa sih yang gak tau Drum? Pasti semua banyak tau kan?
Di band-band Indonesia, di dalam formasi band.nya pasti ada sebuah "supir" nya musik yaitu DRUM....
Drum terdiri atas Bass Drum, Snare Drum, Hi-Hat Cymbals, Crash Cymbal, Crash Ride Cymbal (optional), Ride Cymbal, Tom-tom 1, Tom-tom 2, Floor Tom, dan bisa di tambahi dengan aksesoris lainnya...
Nah..mari kita bahas satu persatu bagian-bagian dari DRUM itu.. Cekidot....

1. Bass Drum

Bass Drum
 Bass Drum adalah komponen utama di dalam drum. Kalau gue bilang sih Bass Drum ini adalah yang paling sering di di injak (pedalnya lahh). Dan akan menghasilkan bunyi seperti ini "dug..dug..". Sebuah Bass Drum, ada yang di pukul pake stik (buat drumband), dan yang paling sering kita liat bro dimana-mana yaitu pake kaki! Ukuran Bass Drum sendiri bervariasi, ada yang 24 bahkan sampai 26 inchi. Kayu bass drum cenderung lebih tebal untuk menghasilkan suara yang lebih keras dan untuk ketahanan drum itu sendiri.
Ada 2 macam pedal yang di gunakan di bass drum :


a. Single Pedal

 Ini adalah gambar pedal..nah inilah yang kita injak pada saat bermain drum dan paling sering dimainkan...
Single Pedal
Dalam bermain satu pedal, ada istilah "Slide", para drummer (termasuk gue) pasti kenal dan akrab banget dengan istilah ini. Slide adalah memukul bass drum dua kali dalam satu kali gerakan.
Bagi anda yang bingung dengan mksd saya, monggo di klik di video di bawah ini :

b. Double Pedals

Double Pedals
 Mari kita beri sambutan bero pada benda hebat kita yang satu ini.(Prok..prok..prok..) Double Pedals adalah pedal yang dapat dimainkan secara bergantian (kaki kanan dan kiri). Pada jenis musik metal, progressive rock, double pedal sangat dominan. 
Snare Drum
Para drummer (termasuk gue), seneng banget pastinya kalo pake double pedal, karena gimana yah..dengan double pedal, kita bisa melakukan berbagai macam variasi bro..
:D

2. Snare Drum
Nah, kalo benda yang satu ini...hmm..paling suka deh kayaknya gue..
Letaknya benda ini tuh yang di antara Hi-hat dan Tom 1 (biasanya). Dan menghasilkan suara khas yaitu "tang" atau bisa juga "tak". Snare drum ini terbuat dari bahan dasar kayu, biasa populernya kayu maple sih. Nah jika kalian yang bukan drummer, kalian pasti gak tau kalo sebenernya di bagian bawah snare itu ada beberapa tali senar (kabel baja atau plastik) yang di rentangkan melintang pada bagian bawah snare dan itu bro yang buat suara snare ini menjadi "tak" atau "tang"..

3. Hi-Hat Cymbals
Hi-hat..hmmm..oke...lanjutt...
Hi-Hat Cymbals
Kita bahas yang ini,...nih letaknya di paling kiri bro. Ukurannya 14 inchi. Hi-Hat Cymbals nih terdiri dari 2 bro, ada Top Hi-Hat dan Bottom Hi-Hat. Nah, kedua cymbal tersebut di pertemukan dan akan bersentuhan jika kita injak pedal Hi-Hatnya. Fungsinya nih pengatur tempo, di saat kita lagi maen lagu, pas tangan kita di Ride Cymbal, kaki kiri akan mantul di pedal Hi-Hat, gunanya ya itu buat ngatur tempo supaya stabil, kedua, untuk memainkan lagu yang membutuhkan closed Hi-Hat dan open Hi-Hat.

4. Tom-Tom
Tom-Tom
Oke...nih yang mantap..Tom-Tom! Tom-Tom nih letaknya nyambung sama bass drum, dan bisa juga misah dari bass drumnya dan berdiri sendiri pada stand terntentu. Fungsi dari Tom-Tom sendiri adalah membantu variasi dalam Fill in..Bayangkan sebuah drum tanpa Tom-Tom..akan terasa hambar banget kan? Biasanya di dalam drum set, Tom-Tom itu berjumlah 2 - 3 Tom-Tom (kecuali Floor Tom). Tapi karena drummer2 luar negeri tuh sugih2..nih liat sampe tom-tomnya kayak mau di loak.in gitu....
Terry Bozzio's Drum Set (Insane!)
Setelah melihat gambar di samping, bagaimana pendapat anda? hahaha..
Coba itung jumlah tom-tomnya trus ama pedalnya juga..cymbalnya juga bro jangan lupa..:D
wong gedeng po ra?? wkwkwk

5. Floor Tom
Well..nih yang paling besar sendiri dan paling rendah kedua suaranya setelah bass drum. Dan mungkin elo elo semua berpikir kenapa namanya "floor tom"? emang gak ada nama lain yang lebih keren...
Floor Tom
Gini bro, di namakan floor tom karena letaknya tuh di lantai. Biasanya namanya tom-tom tuh kan nggantung dan nyambung ama bass drum, nah, nih tom-tom berdiri sendiri dan punya stand sendiri. Nah, makanya dinamakan Floor Tom.





6. Crash Cymbal
Crash Cymbal
Nah..ini yang keren...Crash Cymbal. Wah jadinya gue sebut merek nih..gapapa dah....:p
Biasanya nih cymbal berukuran diameter 15 inchi - 16 inchi.
Fungsinya nih buat finishing pada sebuah fill in. Contoh : (in your imagination) tung..tung..dung..tak..des! o.O
Nah, "des" itu tadi adalah suara dari cymbal itu. Hahaha
Selain crash cymbal, ada sodaranya yang namanya crash ride cymbal.
Crash Ride Cymbal
Crash Ride Cymbal tuh lebih besar dikit daripada crash, berkisar antara 17-18 inchi. Terletak di atasnya Ride Cymbal. Biasanya pada band genre rock, crash ride ini selalu ada, karena sangat membantu sekali dalam perpaduan genre musik mereka dengan cymbal ini.
7. Ride Cymbal
Last, cymbal ini yang paling gede, dan yang paling cool di antara semuanya...hahaha

Ride Cymbal

Letaknya di sebelah kanan bro. Menghasilkan suara "ting..ting". Biasanya di gunakan pada waktu genre musik Ballad, Jazz, dan Rock.
Ukuran dari Ride Cymbal sendiri berkisar antara 19-20 inchi.


8. Effect Cymbal
Efek cymbal terdiri dari Splash Cymbal, Bell Cymbal, Chinese Cymbal, dan Swish Cymbal. Fungsinya adalah memberi "warna" khusus pada genre musik tertentu. Ukuran Splash dan Bell biasanya 6 sampai 12 inchi, dan Chinese dan Swish berukuran 16 - 22 inchi.

Bell Cymbal

Splash Cymbal
Chinese Cymbal
Swish Cymbal


Oke, guys uda pada tau semua kan bagian2 dari drum?!..Sippp..
oh ya ..nih mau gue kasih foto salah satu drum set yang gue suka..nih,,
Cobus Potgieter's Drum Set

It's my drum set (pas kelas 1 SMA)

Dan kalian dapat menyimpulkan bahwa alat musik drum adalah alat musik paling ribet dan banyak propertinya..wkwkkw...
Oke dahh, pamit dulu guys...moga bermanfaat.. :D
Bye-bye~
(Robby Samuel Christian)







No comments:

Post a Comment